Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review ASUS ROG ALLY: Handheld Game PC yang Stylish dan Powerful

 

ASUS ROG ALLY

ASUS ROG ALLY adalah salah satu pesaing terkuat untuk Steam Deck, perangkat game portabel yang populer dari Valve. Dengan menggunakan Windows 11 dan prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme, ASUS ROG ALLY menawarkan performa yang mengesankan dan kompatibilitas yang luas dengan berbagai game PC. Selain itu, ASUS ROG ALLY juga memiliki desain yang menarik dan layar yang cerah dan responsif. Namun, apakah ASUS ROG ALLY layak untuk dibeli dengan harga yang cukup tinggi? Simak review lengkap kami berikut ini.


Spesifikasi ASUS ROG ALLY


Berikut adalah spesifikasi dari ASUS ROG ALLY yang kami uji:


- Prosesor: AMD Ryzen Z1 Extreme (8 core, 16 thread, 3.6 GHz hingga 4.8 GHz)

- Grafis: AMD Radeon Graphics (8 CU, 1.6 GHz)

- RAM: 16 GB LPDDR5

- Storage: 512 GB SSD NVMe

- Layar: 7 inci IPS, 1920 x 1080, 120 Hz, touch screen

- Konektivitas: Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2, USB-C 3.2 Gen 2 (x2), USB-C 3.2 Gen 1 (x1), 3.5 mm audio jack

- Baterai: 50 Wh

- Dimensi: 28 x 11.2 x 2.1 cm

- Berat: 610 gram

- Sistem operasi: Windows 11 Home

- Harga: Rp 9.999.000


Fitur ASUS ROG ALLY


ASUS ROG ALLY memiliki beberapa fitur unggulan yang membuatnya berbeda dari perangkat game portabel lainnya. Berikut adalah beberapa fitur tersebut:


- Armoury Crate SE: Aplikasi khusus yang memungkinkan Anda mengatur mode performa, mengubah pengaturan game, dan menyesuaikan kontrol perangkat. Anda juga dapat mengakses game yang Anda miliki dari berbagai platform, seperti Steam, Epic Games, dan Microsoft Store, melalui aplikasi ini.

- Gamepad: ASUS ROG ALLY dilengkapi dengan gamepad yang terintegrasi, yang terdiri dari dua stik analog, empat tombol arah, empat tombol aksi, dua tombol bahu, dua tombol pemicu, dan satu tombol Windows. Gamepad ini memiliki desain yang ergonomis dan responsif, serta dapat dipetakan ulang sesuai keinginan Anda melalui Armoury Crate SE.

- Docking Station: ASUS ROG ALLY dapat dihubungkan dengan docking station opsional, yang memiliki port HDMI, USB-A, USB-C, dan Ethernet. Dengan docking station ini, Anda dapat menampilkan game Anda di layar yang lebih besar, seperti monitor atau TV, dan menggunakan perangkat input eksternal, seperti keyboard dan mouse.

- Aksesori: ASUS ROG ALLY juga memiliki beberapa aksesori tambahan yang dapat meningkatkan pengalaman bermain Anda, seperti tas, kipas pendingin, dan grip. Aksesori ini dijual secara terpisah dan memiliki harga yang bervariasi.


Harga ASUS ROG ALLY


Berapa harga ASUS ROG ALLY? ASUS ROG ALLY dibanderol dengan harga Rp 9.999.000 untuk versi yang kami uji, yaitu dengan prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme, RAM 16 GB, dan storage 512 GB. Versi lain yang tersedia adalah dengan prosesor AMD Ryzen Z1, RAM 8 GB, dan storage 256 GB, yang dijual dengan harga Rp 8.999.000. Harga ini cukup tinggi jika dibandingkan dengan Steam Deck, yang memiliki rentang harga mulai dari Rp 6.999.000 hingga Rp 9.999.000, tergantung dari spesifikasi dan aksesori yang dipilih.


Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG ALLY


Seperti halnya perangkat lain, ASUS ROG ALLY memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari ASUS ROG ALLY:


Kelebihan


- Performa yang kuat dan stabil untuk menjalankan berbagai game PC, terutama jika menggunakan mode Turbo atau Performance.

- Layar yang cerah, tajam, dan responsif, dengan refresh rate 120 Hz yang membuat game terasa lebih mulus dan nyaman.

- Desain yang stylish dan kokoh, dengan warna hitam dan aksen merah khas ROG, serta logo ROG yang dapat menyala.

- Windows 11 yang memberikan akses ke berbagai game dan aplikasi PC, tanpa perlu emulasi atau kompatibilitas layer.

- Armoury Crate SE yang memudahkan Anda mengelola game dan perangkat Anda, dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan.


Kekurangan


- Baterai yang cepat habis saat bermain game, hanya bertahan sekitar 2 jam dalam mode Turbo atau Performance, dan sekitar 4 jam dalam mode Balanced atau Silent.

- Software yang masih memiliki beberapa masalah, seperti kontrol yang tidak sesuai dengan game, game yang tidak terdeteksi oleh Armoury Crate SE, dan Windows yang kurang ramah untuk digunakan di layar kecil.

- Kontrol yang kurang ergonomis dan nyaman, terutama untuk tombol bahu dan pemicu yang terlalu kecil dan keras, serta stik analog yang terlalu licin dan sensitif.

- Harga yang cukup tinggi, terutama jika dibandingkan dengan Steam Deck atau perangkat game portabel lainnya.


Kesimpulan


ASUS ROG ALLY adalah perangkat game portabel yang stylish dan powerful, yang dapat menjalankan berbagai game PC dengan lancar dan mulus. Dengan Windows 11 dan prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme, ASUS ROG ALLY menawarkan kompatibilitas yang luas dan performa yang mengesankan. Layar yang cerah dan responsif, desain yang menarik dan kokoh, serta Armoury Crate SE yang memudahkan pengaturan game dan perangkat, adalah beberapa fitur unggulan dari ASUS ROG ALLY. Namun, ASUS ROG ALLY juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki, seperti baterai yang cepat habis, software yang masih bermasalah, kontrol yang kurang ergonomis, dan harga yang cukup tinggi. Jika Anda mencari perangkat game portabel yang dapat menjalankan game PC tanpa batas, ASUS ROG ALLY bisa menjadi pilihan Anda. Namun, jika Anda mencari perangkat game portabel yang lebih hemat, nyaman, dan stabil, Anda mungkin lebih tertarik dengan Steam Deck atau perangkat lainnya.


Tag Terpopuler