Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RTX 4070 Ti: Kartu Grafis Terbaru dari NVIDIA dengan Performa dan Fitur Luar Biasa

 

RTX 4070 Ti

NVIDIA baru saja meluncurkan kartu grafis terbarunya, yaitu RTX 4070 Ti, yang merupakan bagian dari seri RTX 40 yang menggunakan arsitektur Ada Lovelace. Kartu grafis ini menawarkan performa dan fitur yang luar biasa untuk para gamer dan kreator yang ingin menikmati grafis yang memukau, gameplay yang cepat, dan pengalaman VR yang imersif. Berikut adalah spesifikasi, fitur, harga, kekurangan dan kelebihan, serta kesimpulan dari RTX 4070 Ti.


Spesifikasi


Berikut adalah Spesifikasi lengkap RTX 4070 Ti :


- Prosesor grafis: AD104

- Core: 7.680

- Clock: 2,3 GHz (base) / 2,6 GHz (boost)

- Memori: 12 GB GDDR6X

- Bus memori: 192-bit

- Bandwidth memori: 768 GB/s

- RT Core: 60 (generasi ketiga)

- Tensor Core: 240 (generasi keempat)

- TDP: 285 W

- Harga: $800 USD


Fitur


RTX 4070 Ti memiliki fitur-fitur unggulan sebagai berikut:


- Ray tracing: teknologi yang mensimulasikan perilaku cahaya di dunia nyata, sehingga menghasilkan grafis yang sangat realistis dan detail. Dengan kekuatan RTX 40 Series dan RT Core generasi ketiga, Anda dapat menikmati dunia virtual yang luar biasa seperti belum pernah sebelumnya.

- DLSS 3: teknologi yang menggunakan kecerdasan buatan untuk meningkatkan performa dan kualitas gambar. Didukung oleh Tensor Core generasi keempat dan Optical Flow Accelerator pada GPU RTX 40 Series, DLSS 3 menggunakan AI untuk menciptakan frame tambahan dan meningkatkan kualitas gambar.

- Reflex: teknologi yang mengoptimalkan dan mengukur latensi sistem, sehingga memberikan responsivitas terbaik untuk keunggulan kompetitif. Reflex memberikan target akuisisi yang lebih cepat, waktu reaksi yang lebih cepat, dan presisi bidikan yang terbaik untuk game kompetitif.


Harga


Berapa Harga RTX 4070 Ti? RTX 4070 Ti dibanderol dengan harga $800 USD, atau sekitar Rp 11,5 juta (kurs Rp 14.375 per dolar AS). 

Harga ini cukup kompetitif jika dibandingkan dengan sekelasnya, seperti RTX 3070 Ti yang di bandrol dengan harga $599 USD, atau sekitar Rp 8,6 juta.


Kekurangan dan Kelebihan


RTX 4070 Ti memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan, antara lain:


Kekurangan:

    - Konsumsi daya yang tinggi, yaitu 285 W, sehingga membutuhkan PSU yang kuat dan pendingin yang baik.

    - Bus memori yang relatif sempit, yaitu 192-bit, sehingga membatasi bandwidth memori yang tersedia.

    - Ketersediaan yang terbatas, karena permintaan yang tinggi dan pasokan yang rendah akibat krisis chip global.

Kelebihan:

    - Performa yang sangat tinggi, hampir dua kali lipat dari RTX 3070 Ti, terutama untuk game yang mendukung ray tracing dan DLSS 3.

    - Fitur yang canggih, seperti ray tracing, DLSS 3, dan Reflex, yang memberikan pengalaman gaming dan kreasi yang luar biasa.

    - Desain yang menarik, dengan berbagai pilihan merek dan model, seperti ASUS, MSI, Gigabyte, Zotac, Colorful, dan lainnya.


Kesimpulan


RTX 4070 Ti adalah kartu grafis terbaru dari NVIDIA yang menawarkan performa dan fitur yang luar biasa untuk para gamer dan kreator. Kartu grafis ini mampu menjalankan game terbaru dengan grafis yang memukau, gameplay yang cepat, dan pengalaman VR yang imersif. Harga yang ditawarkan juga cukup kompetitif, meskipun masih tergolong mahal. Namun, kartu grafis ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti konsumsi daya yang tinggi, bus memori yang sempit, dan ketersediaan yang terbatas. Jadi, jika Anda ingin membeli kartu grafis ini, Anda harus mempertimbangkan faktor-faktor tersebut dan mempersiapkan sistem yang sesuai.


Demikian artikel yang saya buat tentang RTX 4070 Ti. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih


#RTX4070Ti

Tag Terpopuler