Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RTX3090: Review Lengkap Spesifikasi, Fitur, dan Harga Kartu Grafis Terbaik 2024

 

RTX 3090

Pembukaan

RTX3090 adalah kartu grafis kelas entusiast yang diluncurkan oleh NVIDIA pada September 2020. Kartu ini didukung oleh arsitektur Ampere, generasi kedua dari RTX, yang meningkatkan kinerja ray tracing dan AI dengan menggunakan RT Cores, Tensor Cores, dan streaming multiprocessors yang lebih canggih. Kartu ini juga memiliki memori G6X sebesar 24 GB, yang sangat besar untuk menjalankan game dan aplikasi dengan resolusi tinggi.


Spesifikasi

Spesifikasi teknis dari RTX3090 adalah sebagai berikut :
RTX 3090 ti


- Prosesor grafis: GA102

- Varian: GA102-300-A1

- Arsitektur: Ampere

- Transistor: 28,3 miliar

- Ukuran die: 628 mm²

- Bus interface: PCIe 4.0 x16

- Frekuensi dasar: 1395 MHz

- Frekuensi boost: 1695 MHz

- Shading units: 10496

- TMUs: 328

- ROPs: 112

- Tensor cores: 328

- RT cores: 82

- Memori: 24 GB GDDR6X

- Lebar bus: 384 bit

- Bandwidth: 936 GB/s

- TDP: 350 W

- Output: 1x HDMI 2.1, 3x DisplayPort 1.4a

- Dimensi: 336 x 140 x 61 mm

- Pendingin: triple-slot


Fitur

RTX3090 memiliki beberapa fitur unggulan yang membuatnya berbeda dari kartu grafis lainnya, antara lain:


- Ray tracing: teknologi yang mensimulasikan perilaku cahaya di dunia nyata untuk menghasilkan grafis yang lebih realistis dan imersif. RTX3090 memiliki RT Cores generasi kedua yang meningkatkan performa ray tracing.

- DLSS: singkatan dari Deep Learning Super Sampling, teknologi yang menggunakan AI untuk meningkatkan kecepatan dan kualitas gambar. Tensor Cores pada RTX3090 memungkinkan game untuk berjalan dengan pengaturan dan resolusi yang lebih tinggi tanpa mengorbankan performa.

- 8K HDR Gaming: kemampuan untuk bermain, merekam, dan menonton game dengan resolusi 8K dan HDR. RTX3090 memiliki memori yang cukup untuk menampung game dengan resolusi 8K, dan juga mendukung fitur ShadowPlay untuk merekam game dengan kualitas tinggi, serta AV1 decode untuk memutar video dengan lancar.

- Reflex: teknologi yang mengurangi dan mengukur latensi sistem untuk game kompetitif. RTX3090 bekerja sama dengan monitor G-SYNC untuk memberikan respons yang lebih cepat dan akurat.

- Broadcast: aplikasi yang meningkatkan kualitas suara dan video saat live streaming. RTX3090 memiliki encoder (NVENC) yang canggih untuk menghasilkan gambar yang halus dan bebas stutter, serta fitur seperti noise removal, virtual background, dan auto frame untuk mempercantik tampilan streaming.

- Studio: program yang mempercepat proses kreatif dengan menggunakan GPU. RTX3090 mendukung berbagai aplikasi untuk editing video, rendering 3D, desain grafis, dan lain-lain.


Harga

Berapa harga RTX3090 ti? Harga resmi dari RTX3090 yaitu 1499 USD atau sekitar 21,5 juta rupiah.

Namun, harga ini bisa berbeda tergantung pada pasar, permintaan, dan ketersediaan. Beberapa faktor yang menyebabkan harga RTX3090 melambung adalah:


- Pandemi COVID-19: situasi pandemi mempengaruhi produksi, distribusi, dan permintaan kartu grafis. Banyak orang yang membutuhkan kartu grafis untuk bekerja, belajar, atau bermain dari rumah, sehingga meningkatkan permintaan. Di sisi lain, produksi dan distribusi kartu grafis terhambat oleh pembatasan perjalanan, keterbatasan bahan baku, dan masalah logistik.

- Cryptocurrency: aktivitas menambang mata uang digital seperti Bitcoin dan Ethereum membutuhkan kartu grafis yang kuat dan efisien. RTX3090 menjadi salah satu pilihan favorit para penambang karena memiliki performa dan memori yang besar. Hal ini menyebabkan permintaan kartu grafis meningkat, sementara stoknya berkurang.

- Scalping: praktik menjual barang dengan harga yang jauh lebih tinggi dari harga normal. Beberapa orang memanfaatkan situasi langka dan mahalnya kartu grafis untuk mendapatkan keuntungan. Mereka membeli kartu grafis dengan harga resmi atau diskon, lalu menjualnya kembali dengan harga yang sangat tinggi di pasar online atau offline.


Kelebihan dan Kekurangan

Seperti halnya produk lainnya, RTX3090 juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari RTX3090:


Kelebihan

- Performa yang sangat tinggi untuk game dan aplikasi modern. RTX3090 mampu menjalankan game dengan resolusi 4K atau 8K, pengaturan ultra, dan ray tracing dengan frame rate yang tinggi dan stabil. Kartu ini juga cocok untuk aplikasi yang membutuhkan GPU yang kuat, seperti rendering 3D, editing video, atau AI.

- Memori yang sangat besar dan cepat. RTX3090 memiliki memori G6X sebesar 24 GB, yang merupakan yang terbesar di antara kartu grafis saat ini. Memori ini memungkinkan kartu ini untuk menampung game dan aplikasi dengan resolusi dan tekstur yang sangat tinggi, serta meningkatkan bandwidth dan kecepatan transfer data.

- Fitur yang lengkap dan canggih. RTX3090 memiliki fitur-fitur yang mendukung pengalaman gaming dan kreatif yang lebih baik, seperti ray tracing, DLSS, 8K HDR Gaming, Reflex, Broadcast, dan Studio. Fitur-fitur ini memanfaatkan kemampuan RT Cores, Tensor Cores, dan NVENC yang ada pada kartu ini.


Kekurangan

- Harga yang sangat mahal. RTX3090 adalah kartu grafis yang paling mahal di pasaran saat ini, dengan harga resmi 1499 USD atau sekitar 21,5 juta rupiah¹. Harga ini bisa menjadi lebih tinggi lagi karena faktor-faktor seperti pandemi, cryptocurrency, dan scalping. Harga ini mungkin tidak terjangkau bagi sebagian besar orang, atau tidak sebanding dengan nilai yang didapat.

- Konsumsi daya yang sangat tinggi. RTX3090 memiliki TDP (Thermal Design Power) sebesar 350 W, yang merupakan yang tertinggi di antara kartu grafis saat ini. Ini berarti kartu ini membutuhkan daya yang sangat besar untuk beroperasi, dan juga menghasilkan panas yang sangat tinggi. Hal ini memerlukan sistem pendingin yang baik, dan juga sumber daya yang cukup dari PSU (Power Supply Unit).

- Ukuran yang sangat besar. RTX3090 memiliki dimensi sebesar 336 x 140 x 61 mm, dan menggunakan pendingin triple-slot. Ini berarti kartu ini membutuhkan ruang yang sangat besar di dalam casing, dan juga menghalangi slot PCIe lainnya. Hal ini bisa menjadi masalah bagi orang yang memiliki casing yang kecil, atau ingin menggunakan kartu lainnya bersamaan dengan RTX3090.


Kesimpulan

RTX3090 adalah kartu grafis kelas entusiast yang memiliki performa, memori, dan fitur yang sangat tinggi. Kartu ini cocok untuk orang yang ingin menikmati game dan aplikasi dengan kualitas terbaik, dan tidak keberatan dengan harga, konsumsi daya, dan ukuran yang sangat besar. Namun, bagi orang yang memiliki anggaran, kebutuhan, atau ruang yang terbatas, kartu ini mungkin bukan pilihan yang tepat, dan ada kartu grafis lain yang lebih sesuai.



Tag Terpopuler