Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Leher Motor Longgar dengan Mudah dan Murah

 

Cara Mengatasi Leher Motor Longgar dengan Mudah dan Murah

Leher motor adalah bagian yang menghubungkan stang dengan rangka motor. Leher motor yang longgar bisa menyebabkan motor menjadi goyang, susah dikendalikan, dan bahkan berbahaya. Leher motor yang longgar bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti laher yang aus, baut yang kendor, atau rumah laher yang oblak. Untuk mengatasi leher motor yang longgar, Anda bisa melakukan beberapa cara, seperti mengganti laher, mengencangkan baut, atau mengganjal rumah laher. Berikut adalah cara-cara mengatasi leher motor longgar dengan mudah dan murah.


Daftar Isi

  • Mengganti Laher
  • Mengencangkan Baut
  • Mengganjal Rumah Laher
  • Pertanyaan yang Berkaitan
  • Kesimpulan


Mengganti Laher

Laher adalah bantalan yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara leher motor dengan stang. Laher yang aus bisa menyebabkan leher motor menjadi longgar dan goyang. Untuk mengganti laher, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:


  1. Lepas roda depan, rem depan, dan speedometer.
  2. Lepas baut penjepit stang, dan angkat stang dari leher motor.
  3. Lepas laher atas dan bawah dengan menggunakan obeng atau palu. 
  4. Bersihkan rumah laher dari kotoran atau karat dengan menggunakan amplas atau sikat kawat. 
  5. Pasang laher baru dengan cara menekannya secara perlahan dan merata dengan menggunakan obeng atau palu. 
  6. Pasang kembali stang, baut penjepit, roda depan, rem depan, dan speedometer. 
  7. Cek kembali apakah leher motor sudah kencang dan tidak goyang.


Mengencangkan Baut

Baut adalah alat pengikat yang berfungsi untuk menjaga kestabilan leher motor. Baut yang kendor bisa menyebabkan leher motor menjadi longgar dan goyang. Untuk mengencangkan baut, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:


  1. Cari baut yang kendor di bagian leher motor, biasanya ada dua baut di bagian atas dan bawah.
  2. Gunakan kunci pas atau kunci sok untuk mengencangkan baut dengan cara memutar searah jarum jam.
  3. Jangan terlalu kencang atau terlalu longgar, cukup sampai baut tidak bisa diputar lagi dengan tangan. 
  4. Cek kembali apakah leher motor sudah kencang dan tidak goyang.


Mengganjal Rumah Laher

Rumah laher adalah tempat dimana laher dipasang. Rumah laher yang oblak bisa menyebabkan leher motor menjadi longgar dan goyang. Untuk mengganjal rumah laher, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:


  1. Lepas roda depan, rem depan, dan speedometer.
  2. Lepas baut penjepit stang, dan angkat stang dari leher motor.
  3. Lepas laher atas dan bawah dengan menggunakan obeng atau palu. 
  4. Gunting plat kaleng oli atau cat dengan bentuk memanjang, dengan panjang sesuai dengan celah antara laher dan rumah laher. 
  5. Masukkan plat kaleng ke dalam celah antara laher dan rumah laher, dengan cara menekuknya sedikit agar masuk dengan rapat. 
  6. Pasang kembali laher, stang, baut penjepit, roda depan, rem depan, dan speedometer. 
  7. Cek kembali apakah leher motor sudah kencang dan tidak goyang.


Pertanyaan yang Berkaitan

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan cara mengatasi leher motor longgar, beserta jawabannya.


Apa itu leher motor?

  • Leher motor adalah bagian yang menghubungkan stang dengan rangka motor, yang berfungsi untuk mengatur arah dan sudut kemudi motor.

Apa penyebab leher motor longgar?

  • Leher motor longgar bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti laher yang aus, baut yang kendor, atau rumah laher yang oblak.

Apa dampak leher motor longgar?

  • Leher motor longgar bisa menyebabkan motor menjadi goyang, susah dikendalikan, dan bahkan berbahaya, karena bisa menyebabkan kecelakaan.

Apa itu laher?

  • Laher adalah bantalan yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara leher motor dengan stang, yang berbentuk seperti cincin dengan bola-bola kecil di dalamnya.

Apa itu baut?

  • Baut adalah alat pengikat yang berfungsi untuk menjaga kestabilan leher motor, yang berbentuk seperti batang dengan ulir dan kepala di salah satu ujungnya.

Apa itu rumah laher?

  • Rumah laher adalah tempat dimana laher dipasang, yang berbentuk seperti lubang bulat di bagian atas dan bawah leher motor.

Bagaimana cara mengetahui leher motor longgar?

  • Cara mengetahui leher motor longgar adalah dengan merasakan apakah ada goyangan atau getaran saat mengemudi, atau dengan melihat apakah ada celah antara leher motor dengan stang.

Bagaimana cara mencegah leher motor longgar?

  • Cara mencegah leher motor longgar adalah dengan melakukan perawatan rutin, seperti membersihkan dan melumasi laher, mengencangkan baut, dan mengganti laher yang aus.

Berapa harga laher motor?

  • Harga laher motor bervariasi tergantung dari jenis, merk, dan ukurannya. Biasanya, harga laher motor berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per buah.

Dimana bisa membeli laher motor?

  • Anda bisa membeli laher motor di toko-toko spare part motor, bengkel-bengkel motor, atau online shop yang menjual perlengkapan motor.


Kesimpulan

Cara mengatasi leher motor longgar dengan mudah dan murah adalah dengan mengganti laher, mengencangkan baut, atau mengganjal rumah laher. Dengan cara-cara ini, Anda bisa membuat leher motor menjadi kencang dan stabil, sehingga motor menjadi lebih nyaman dan aman dikendarai. Namun, Anda juga harus melakukan perawatan rutin, seperti membersihkan dan melumasi laher, mengencangkan baut, dan mengganti laher yang aus, agar leher motor tidak mudah longgar lagi.




Tag Terpopuler