Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Rem Motor Bunyi Wik Wik Wik

Cara Mengatasi Rem Motor Bunyi Wik Wik Wik


Rem motor adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan laju kendaraan. Namun, terkadang rem motor bisa mengeluarkan bunyi yang aneh, seperti wik wik wik, saat digunakan. Bunyi ini tentu sangat mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?


Penyebab Rem Motor Bunyi Wik Wik Wik


Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan rem motor bunyi wik wik wik, antara lain:


Kampas rem berdebu atau kotor

Kampas rem adalah bagian yang bergesekan langsung dengan cakram rem saat pengereman. Kampas rem bisa terkena debu atau kotoran dari jalanan yang berpasir atau berlumpur, terutama saat musim hujan. Debu atau kotoran ini bisa menyebabkan gesekan yang tidak normal antara kampas rem dan cakram rem, sehingga menimbulkan bunyi wik wik wik.

Kampas rem aus atau menipis

Kampas rem terbuat dari material yang bisa mengalami pengikisan seiring pemakaian. Jika kampas rem sudah aus atau menipis, maka gesekannya dengan cakram rem akan berkurang. Hal ini bisa membuat rem motor kurang pakem dan mengeluarkan bunyi wik wik wik. Selain itu, kampas rem yang aus juga bisa membuat cakram rem tergores atau rusak.

Cakram rem berkarat atau rusak

Cakram rem yang terbuat dari bahan stainless steel juga bisa mengalami korosi atau karatan jika sering terkena air atau kelembaban. Cakram rem yang berkarat atau rusak bisa mengurangi kualitas pengereman dan membuat gesekan dengan kampas rem tidak optimal. Akibatnya, rem motor bisa bunyi wik wik wik.

Minyak rem bocor

Rem motor yang menggunakan sistem hidrolik membutuhkan minyak rem untuk menggerakkan piston pada kaliper rem. Jika ada kebocoran pada selang atau silinder rem, maka tekanan minyak rem akan berkurang. Hal ini bisa membuat piston tidak bekerja dengan baik dan kampas rem tidak menempel dengan kuat pada cakram rem. Sehingga, rem motor bisa bunyi wik wik wik.

Pegas kampas rem lemah

Pegas kampas rem berfungsi untuk menjaga jarak antara kampas rem dan cakram rem saat tidak melakukan pengereman. Jika pegas kampas rem lemah atau rusak, maka kampas rem bisa bergeser atau bergetar saat rem digunakan. Hal ini bisa membuat rem motor bunyi wik wik wik.

Kesejajaran kampas rem dan cakram rem tidak tepat

Kesejajaran antara kampas rem dan cakram rem harus sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Jika kesejajaran ini terganggu, misalnya karena baut atau bantalan yang longgar, maka kampas rem dan cakram rem bisa bergesekan secara tidak merata. Hal ini bisa membuat rem motor bunyi wik wik wik.


Cara Mengatasi Rem Motor Bunyi Wik Wik Wik


Untuk mengatasi rem motor bunyi wik wik wik, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut:


Bersihkan kampas rem dan cakram rem

Jika penyebab bunyi wik wik wik adalah kampas rem atau cakram rem yang berdebu atau kotor, maka Anda bisa membersihkannya dengan cara menyemprotkan angin dari kompresor atau menggunakan sikat kawat. Anda juga bisa mencuci kampas rem dan cakram rem dengan air sabun untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Setelah itu, keringkan dengan lap bersih atau angin kering.

Ganti kampas rem yang aus atau menipis

Jika penyebab bunyi wik wik wik adalah kampas rem yang aus atau menipis, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Anda bisa memilih kampas rem yang sesuai dengan jenis dan ukuran cakram rem motor Anda. Pastikan Anda memasang kampas rem dengan benar dan menyesuaikannya dengan cakram rem.

Ganti cakram rem yang berkarat atau rusak

Jika penyebab bunyi wik wik wik adalah cakram rem yang berkarat atau rusak, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Anda bisa memilih cakram rem yang sesuai dengan jenis dan ukuran motor Anda. Pastikan Anda memasang cakram rem dengan benar dan menyesuaikannya dengan kampas rem.

Perbaiki kebocoran minyak rem

Jika penyebab bunyi wik wik wik adalah minyak rem yang bocor, maka Anda harus segera memperbaikinya. Anda bisa mengecek kondisi selang dan silinder rem, lalu mengganti yang bocor atau rusak. Anda juga harus mengisi ulang minyak rem sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Pastikan Anda melakukan bleeding atau pengeluaran udara dari sistem rem agar tekanan minyak rem kembali normal.

Ganti pegas kampas rem yang lemah

Jika penyebab bunyi wik wik wik adalah pegas kampas rem yang lemah, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Anda bisa memilih pegas kampas rem yang sesuai dengan jenis dan ukuran kampas rem motor Anda. Pastikan Anda memasang pegas kampas rem dengan benar dan menyesuaikannya dengan kampas rem dan cakram rem.

Atur kesejajaran kampas rem dan cakram rem

Jika penyebab bunyi wik wik wik adalah kesejajaran kampas rem dan cakram rem yang tidak tepat, maka Anda harus segera mengaturnya. Anda bisa mengecek kondisi baut atau bantalan yang menghubungkan kampas rem dan cakram rem, lalu mengencangkan atau mengganti yang longgar atau rusak. Anda juga harus memastikan kampas rem dan cakram rem sejajar dan seimbang.


Demikian artikel yang saya buat tentang cara mengatasi rem motor bunyi wik wik wik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 😊


Tag Terpopuler