Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Per CVT Mio dengan Mudah dan Cepat

Cara Pasang Per CVT Mio dengan Mudah dan Cepat


Per CVT adalah salah satu komponen penting pada motor matic, yang berfungsi untuk mengatur putaran mesin dan kecepatan roda. Per CVT yang bagus bisa membuat akselerasi motor menjadi lebih responsif dan stabil. Namun, per CVT juga bisa aus atau rusak karena pemakaian atau faktor lainnya. Jika per CVT sudah aus atau rusak, maka akselerasi motor bisa menjadi lemot, berat, atau bahkan macet. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengganti per CVT dengan yang baru. Cara pasang per CVT Mio tidak terlalu sulit, asalkan Anda memiliki alat-alat yang dibutuhkan dan mengikuti langkah-langkah yang benar. Berikut adalah cara pasang per CVT Mio dengan mudah dan cepat.


Daftar Isi

  • Alat-alat yang Dibutuhkan
  • Langkah-langkah Pasang Per CVT Mio
  • Tips dan Trik
  • Pertanyaan yang Berkaitan
  • Kesimpulan


Alat-alat yang Dibutuhkan

Untuk pasang per CVT Mio, Anda membutuhkan alat-alat berikut:


  1. Kunci T 8, 10, 12, dan 17
  2. Kunci L 5 dan 6 
  3. Kunci sok 17 dan 24 
  4. Obeng minus dan plus 
  5. Tang 
  6. Palu 
  7. Amplas 
  8. Lap 
  9. Minyak rem 
  10. Per CVT baru


Langkah-langkah Pasang Per CVT Mio

Berikut adalah langkah-langkah pasang per CVT Mio:

  1. Lepas roda belakang dengan menggunakan kunci T 17 dan kunci sok 24. Jangan lupa untuk melepas rantai dan rem belakang terlebih dahulu.
  2. Lepas tutup CVT dengan menggunakan kunci T 8. Jangan lupa untuk melepas soket speedometer dan kabel gas terlebih dahulu. 
  3. Lepas baut penahan CVT dengan menggunakan kunci T 10. Jangan lupa untuk melepas karet penahan CVT terlebih dahulu. 
  4. Lepas CVT dengan menggunakan kunci L 5 dan 6. Jangan lupa untuk melepas kampas ganda dan rumah roller terlebih dahulu. 
  5. Lepas per CVT lama dengan menggunakan tang. Jangan lupa untuk melepas ring penahan per CVT terlebih dahulu. 
  6. Bersihkan rumah CVT dari kotoran atau karat dengan menggunakan amplas dan lap. Jangan lupa untuk melumasi rumah CVT dengan minyak rem. 
  7. Pasang per CVT baru dengan cara menekannya secara perlahan dan merata dengan menggunakan palu. Jangan lupa untuk memasang ring penahan per CVT terlebih dahulu. 
  8. Pasang kembali CVT dengan cara memutar searah jarum jam dengan menggunakan kunci L 5 dan 6. Jangan lupa untuk memasang kampas ganda dan rumah roller terlebih dahulu. 
  9. Pasang kembali baut penahan CVT dengan menggunakan kunci T 10. Jangan lupa untuk memasang karet penahan CVT terlebih dahulu. 
  10. Pasang kembali tutup CVT dengan menggunakan kunci T 8. Jangan lupa untuk memasang soket speedometer dan kabel gas terlebih dahulu. 
  11. Pasang kembali roda belakang dengan menggunakan kunci T 17 dan kunci sok 24. Jangan lupa untuk memasang rantai dan rem belakang terlebih dahulu.


Tips dan Trik

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk pasang per CVT Mio:


  • Pilih per CVT yang sesuai dengan tipe dan ukuran motor Anda. Jangan menggunakan per CVT yang terlalu keras atau terlalu lembut, karena bisa mengganggu kinerja motor.
  • Jangan memotong atau mengikat per CVT, karena bisa merusak bentuk dan fungsi per CVT. Jika per CVT terlalu panjang atau terlalu pendek, sebaiknya ganti dengan yang baru.
  • Jangan memasang per CVT dengan cara menarik atau melilit, karena bisa menyebabkan per CVT menjadi miring atau tidak rata. Pasang per CVT dengan cara menekan secara perlahan dan merata.
  • Jangan memasang per CVT dengan cara memukul atau mengetuk, karena bisa menyebabkan per CVT menjadi bengkok atau patah. Pasang per CVT dengan cara menepuk secara halus dan hati-hati.
  • Jangan memasang per CVT dengan cara memutar atau menggeser, karena bisa menyebabkan per CVT menjadi longgar atau kencang. Pasang per CVT dengan cara memasukkan secara lurus dan pas.


Pertanyaan yang Berkaitan

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan cara pasang per CVT Mio, beserta jawabannya.


Apa itu per CVT?

  • Per CVT adalah salah satu komponen penting pada motor matic, yang berfungsi untuk mengatur putaran mesin dan kecepatan roda. Per CVT berbentuk seperti pegas yang melingkar, yang terpasang di bagian dalam CVT.

Apa itu CVT?

  • CVT adalah singkatan dari Continuously Variable Transmission, yang merupakan sistem transmisi otomatis pada motor matic. CVT berfungsi untuk mengubah rasio gigi secara terus-menerus, sesuai dengan kecepatan dan beban motor.

Apa fungsi per CVT?

  • Fungsi per CVT adalah untuk menekan rumah roller, yang berisi roller yang berputar sesuai dengan putaran mesin. Dengan menekan rumah roller, per CVT bisa mengubah diameter rumah roller, yang berpengaruh pada rasio gigi dan kecepatan roda.

Apa tanda per CVT aus atau rusak?

  • Tanda per CVT aus atau rusak adalah sebagai berikut:

  1.  Akselerasi motor menjadi lemot, berat, atau macet.S
  2. Suara motor menjadi kasar, berisik, atau berdenting. 
  3. Getaran motor menjadi besar, tidak stabil, atau tidak nyaman. 
  4. Konsumsi bahan bakar motor menjadi boros, tidak efisien, atau tidak normal.

Apa penyebab per CVT aus atau rusak?

  • Penyebab per CVT aus atau rusak adalah sebagai berikut:

  1. Pemakaian motor yang terlalu sering, terlalu lama, atau terlalu berat.
  2. Perawatan motor yang kurang, jarang, atau tidak benar. 
  3. Kualitas per CVT yang buruk, tidak sesuai, atau tidak original. 
  4. Faktor lingkungan yang tidak mendukung, seperti panas, debu, atau air.


Kesimpulan

Cara pasang per cvt mio dengan mudah dan cepat adalah dengan mengganti laher, mengencangkan baut, atau mengganjal rumah laher. Dengan cara-cara ini, Anda bisa membuat per cvt menjadi kencang dan stabil, sehingga akselerasi motor menjadi lebih responsif dan stabil. Namun, Anda juga harus melakukan perawatan rutin, seperti membersihkan dan melumasi laher, mengencangkan baut, dan mengganti laher yang aus, agar per cvt tidak mudah longgar lagi.



Tag Terpopuler